Thursday 10 October 2013

Assalamu'alaikum wr. wb. 
Pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan tentang pengertian procedure dalam pascal.

 PROCEDURE

Prosedur adalah suatu program terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi sebagai subprogram (program bagian). Diawali dengan kata cadangan “Procedure” didalam bagian deklarasi prosedur.

 Prosedur banyak digunakan pada program yang terstruktur karena : 
- merupakan penerapan konsep program modular, yaitu memecah-mecah program yang rumit menjadi program-program bagian yang lebih sederhana dalam bentuk prosedur-prosedur. 
- Untuk hal-hal yang sering dilakukan berulang-ulang, cukup dituliskan sekali saja dalam prosedur dan dapat dipanggil atau dipergunakan sewaktu-waktu bila diperlukan. 

 Parameter Dalam Prosedur

Nilai didalam modul program Pascal sifatnya adalah local, artinya hanya dapat digunakan pada modul atau unit program yang bersangkutan saja, tidak dapat digunakan pada modul atau unit program yang lainnya. 

Baris program:
Uses crt;
Procedure Tanya_Hitung;
Var
   X,Y:real;
Begin
Clrscr;
     Write('Nilai X=');
     Readln(X);
     Y:=X*X;
End;
Begin
     Tanya_hitung;
     Writeln('Nilai Y=',Y:6:2);
Readln;
End.

Keterangan contoh program
Bila program dikompilasi, akan di deteksi kesalahan oleh compiler, karena variable Y yang sifatnya local di procedure Tanya_hitung digunakan pada program utama. 

Pengiriman Parameter Secara Nilai 
Bila parameter dikirimkan secara nilai nilai, parameter formal di prosedur akan berisi nilai yang dikirimkan yang kemudian bersifat local di prosedur. Bila nilai parameter formal di prosedur berubah, tidak akan mempengaruhi nilai parameter nyata ( nilai parameter nyata tetap, tidak berubah). Pengiriman secara nilai ini merupakan pengiriman searah, yaitu dari parameter nyata ke parameter formal, yang tidak dikirimkan balik dari parameter formal ke parameter nyata.  Parameter – parameter yang digunakan dengan pengiriman secara nilai ini disebut dengan parameter nilai ( value parameter ).

Baris program:
Uses crt;
Procedure Hitungan(A,B:integer);
Var
   C:integer;
Begin
Clrscr;
     C:=A+B;
     Writeln('Nilai C=',C);
End;
Var
   X,Y:integer;
Begin
     Write('NilaiX=');readln(X);
     Write('NilaiY=');readln(Y);
     Write('NilaiC=');

     Readln;
End.




Penjelasan program : 
- prosedur dimulai dengan deklarasi prosedur dengan judul prosedur hitung. Variable A dan B adalah parameter formal dan integer adalah tipe parameternya. 
- Variable local yang hanya dipergunakan di prosedur dan tidak termasuk parameter formal (parameter nilai), harus didefinisikan sendiri, yaitu : variable C 
- Hubungan antara parameter formal di prosedur dengan parameter nyata di modul utama adalah : nilai parameter nyata X dan Y di modul utama dikirimkan ke parameter formal A dan B di prosedur. Dengan demikian nilai parameter A dan B diprosedur akan berisi nilai yang sama dengan parameter X dan Y di modul utama. 

Pengiriman Parameter Secara Acuan 
Bila pengiriman parameter secara acuan, maka perubahan-perubahan yang terjadi pada nilai parameter formal di prosedur akan mempengaruhi nilai parameter nyata. Parameter-parameter ini disebut dengan variable parameter serta dideklarasikan di deklarasi prosedur dengan menggunakan kata cadangan Var, sebagai berikut :
Baris program:
Procedure Hitung(var A,B,C:integer);
Begin
     C:=A+B;
End;
Var
   X,Y,Z:integer;
Begin
     X:=2;Y:=3;
     Hitung(X,Y,Z);
     Writeln('X=',X,'Y=',Y,'Z=',Z);
     Readln;
End.


Penjelasan program : 
- pengiriman parameter secara acuan merupakan pengiriman dua arah, bolak-balik, sehingga perubahan nilai di parameter formal akan mempengaruhi nilai parameter nyata juga. Pada contoh, nilai parameter nyata Z akan mengikuti perubahan nilai dari parameter formal C. 

Pengiriman Parameter Sebagian Secara Nilai, Sebagian Acuan 
Pengiriman parameter dapat dicampur sebagian secara nilai dan sebagian secara acuan dalam suatu prosedur. Parameter yang hanya dibutuhkan pada prosedur saja dapat dikirimkan secara nilai dan yang ingin dikirimkan balik dapat dilakukan secara acuan, sebagai berikut :
Baris program:
Prosedur Memanggil Prosedur Yang Lain 
Prosedur dapat memanggil prosedur yang lainnya.
Baris program:
Prosedur Tersarang 
Adalah prosedur yang berada didalam prosedur yang lainnya.
Baris Program:
Prosedur Memanggil Dirinya Sendiri 
Merupakan prosedur yang memanggil atau menggunakan prosedur itu juga. Proses dari suatu program bagian yang memanggil dirinya sendiri dikenal dengan istilah recursion. Tidak semua bahasa menyediakan kemampuan untuk melakukan proses recursion, tetapi pascal dapat. Walaupun proses ini merupakan algoritma yang baik, tetapi membutuhkan banyak memori, karena setiap kali program bagian dipanggil oleh dirinya sendiri, sejumlah ruang memori tambahan dibutuhkannya. 
Baris program:

Acuan Forward 
Digunakan untuk mendeklarasikan dimuka judul prosedur terpisah dari bloknya. Judul prosedur yang berisi parameter terpisah ini merupakan judul yang semestinya dan di deklarasikan dengan menambahkan kata cadangan “ Forward ”. Blok prosedur ini letaknya terpisah dari judulnya, juga diawali dengan judul prosedur, tetapi hanya mencantumkan judul atau nama prosedurnya saja, tanpa mencantumkan parameter formalnya. 
Baris Program:

Prosedur Standar 
Prosedur Standar Exit 
Digunakan untuk keluar dari suatu blok. Bila diletakkan pada program bagian, prosedur standar exit akan menyebabkan proses di program bagian berhenti dan proses kembali ke blok program yang memanggilnya. Bila berada di program utama, menyebabkan proses program berhenti. 

Prosedur Standar Halt 
Digunakan untuk menghentikan proses program baik di program bagian maupun program utama. 

Prosedur Standar Move 
Bentuk umum : 
Move ( var source, dest; count : word ) 
Digunakan untuk menyalinkan suatu blok sebanyak count byte memori dari blok dimulai byte pertama source dan disalinkan ke byte pertama dest. 

Sekian yang dapat saya sampaikan tentang pengertian dan macam - macam procedure dalam pascal.
Wassalamu'alikum wr.wb. 


0 comments:

Post a Comment