Friday 15 November 2013

Assalamu'alikum wr.wb.

Ujian Nasional untuk SD,SMP,dan SMA/SMK memerlukan persiapan - persiapan untuk menghadapinya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips menghadapi ujian nasional.

a. Pelajari kisi -kisi ujian yang diberikan dari pihak sekolah, perbanyak latihan soal sesuai kisi - kisi. Semakin banyak latihan soal maka akan semakin hafal tipe - tipe soal yang diujikan dan akan semakin cepat dalam mengerjakan soal.
b. Kuasai Materi Pelajaran, dengan pelajari materi apa yang akan diujikan, belajarlah dengan menggunakan teori-teori singkat yang mudah dipahami, dimengerti dan diingat dalam waktu cepat serta pelajari soal-soal Ujian Nasional sebelumnya.
c. Siapkan mental dan fisik, dengan kesiapan mental yang kuat maka saat melaksanakan Ujian Nasional, pelajar akan menghadapinya dengan tenang, percaya diri, dan tidak dalam kondisi yang takut atau stress kondusif agar anak terhindar dari suasana tekanan.
d. Tingkatkan motivasi belajar, dalam menghadapi Ujian Nasional sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya motivasi pelajar dalam mempersiapkan diri. Pelajar akan memiliki semangat  belajar yang dahsyat manakala memiliki motivasi yang kuat dan hebat.
e. Datangkan guru pendamping belajar / les privat agar belajar lebih kondusif.

Sekian 5 tips untuk menghadapi ujian nasional yang dapat saya sampaikan, jangan lupa berdo'a. Bagaimanapun usaha kita semua yang menentukan adalah Allah Swt. Wassalamu'alikum wr.wb.

0 comments:

Post a Comment