Monday 25 August 2014

Assalamu'alaikum wr. wb.
1.    Roman
Ciri dari huruf ini adalah memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman memiliki ketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Kesan yang ditimbulkan adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin.
2.    Egyptian
Adalah jenis huruf yang memiliki ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulakn adalah kokh, kuat, kekar dan stabil.
3.    Comic
Font berjenis ini biasanya suka buat di komik komik seperti komik DC, nama fontnya = Seiber Space, Shaun The Sheep = Shaun The Sheep. Font jenis comic mudah ditemukan dan banyak. Bisa ditemukan di Font101, Dafont, Google. Contoh font Comic = Market, Comic Sans MS, Seiber Space, Shaun the Sheep, Final weeks, Cant Change the World, Chinacat, dsb #Masih banyak lagi.
4.    Fancy
Font fancy adalah jenis font yang paling populer diantara ArtWorld. Font berjenis ini suka ditemukan di DeviantArt, Dafont, dan Google. Font seperti ini cocok untuk digunakan di Poster FF Fancy, editan Fancy, dll. Font ini memang paling populer, saking ke-populerannya, sampai sampai ditempat ArtDownload harus bayar..
5.    Script
Font script adalah jenis font yang suka digunakan untuk Cover FF bertema Sad, Horror, dll. Walaupun susah dicari, font ini banyak kegunaannya dan sangat langka. Dan biasanya Font berjenis script ini digunakan untuk menggambar tanda tangan artis. Contoh font Script : Satisfaction, Vivaldi, Viner Hand, Amazone, Edwardian, Jacoba, A Gentle Touch, You Make me Smile, Fiolex Girls, dsb #Masih banyak lagi.
6.    Handwritting
Handwriting adalah jenis font yang bisa dikatakan fancy. Karena bentuknya mirip. Font handwriting biasanya itu hasil tulisan orang(Mirip dengan tulisan orang). Font ini cukup populer. Sama seperti font fancy dan sangat mudah ditemukan di ArtWorld seperti DeviantArt, Google, Font101, Dailyfont. Jenis handwriting ini juga suka digunakan di Poster FF Fancy, Editan, Banner, dll. Contoh font handwriting : Maritime Tropical, A Simple kind Of Girl, Pickandroll, Throw my hands up in the air, Ashley, You make me smile, Aishiteru, Angelina, dsb #Masih banyak lagi.
7.    Ordinary
Ordinary. Jenis font yang lebih populer dari Fancy dan Handwriting. Font ordinary susah ditemukan alias langka. Hanya DeviantArt-lah yang suka mengeluarkan font Ordinary. Jenis font ini banyak digunakan di Editan / Header. Contoh font ordinary = Peneloppe Anne, Brainflower, Best Day Ever, Pinneapple Delight, Peach Sundress, Segoe Print, 101 Star Studded!, ALLSTAR, BUDMO JIGGLER, dsb #Masih banyak lagi.
8.    Serif
Serif, pasti kalian sering mendengar / melihat kata ini di ArtWorld. Font serif biasanya terdapat di buku novel / karangan, note, dll. Font serif adalah jenis font pertama yang diciptakan. Font serif sangat populer sebelum Fancy, Script, Handwriting, Ordinary, dan Comic diciptakan. Font serif juga font yang paling banyak digunakan walaupun bukan di ArtWorld. Jenis font ini bisa disebut dengan ‘Mbah buyutnya Semua jenis font’. Contoh font Serif : Times New Roman, Aharoni, Agency FB, Arial, Baskerville Old Face, Garamond, Berlin Sans, Bookman Old Style, Poor Richard, Calibri, Californian, Century, dsb

9.    Sans
Kalian udah gak asing lagi dengan nama font ini kan? Font sans adalah kawannya serif. Sans diciptakan bersamaan dengan serif dan tingkat kepopulerannya sama. Contoh – contoh font berjenis sans : Calibri, Arial, Broadway*termasuk, ya:D*, Agency FB, Radio Ranch, Comic Sans MS, AbeeZee, dsb #Masih banyak lagi.
10.  Fancy Script
Fancy Script adalah font yang tingkat kepopulerannya sedang. Contoh – contoh font Fancy Script : French Script, Im Bored, Saginaw, Ashley, Rose Thin, dsb
11.  True Type Font
TrueType Font adalah font standard untuk system operasi Windows serta produk-produk Microsoft seperti Ms Office, juga program-program under Windows kecuali produk Adobe. TrueType font hanya memiliki satu file baik untuk Screen Font maupun Printer Font sehingga lebih ringkas. Dalam file tersebut sudah termasuk karakter bold, italic maupun bold italic, sementara pada PostScript varian font tersebut tersimpan pada file tersendiri. Jika Anda hanya membutuhkan font standar yang dapat dibaca dengan mudah di layar dan dapat diprint dengan baik maka menggunakan jenis font ini sudah cukup. Dan inilah jenis font yang paling banyak terinstal dalam komputer saat ini.
12.  Open Type Font
OpenType Font adalah font jenis terbaru yang dibuat bersama antara Microsoft dan Adobe. Jenis font ini adalah pengembangan terakhir dari kedua jenis font diatas. Seperti TrueType Font yang tidak membedakan file untuk screen font dan printer font, dalam sebuah file jenis font ini sudah mengandung jenis varian karakter font yang jauh lebih variatif dibanding kedua jenis font sebelumnya. Dalam satu file jenis font ini sudah mengandung varian font bold, italic serta expert character set seperti ligatures, smallcaps, extra accent, pecahan dan karakter spesial lainnya yang tidak dimiliki PostScript Font dan TrueType Font. Jika Anda membutuhkan set karakter yang lebih variatif dan lengkap misalnya untuk mengakomodasi keluasan karakter dan tanda baca khusus dalam suatu bahasa, maka jenis font ini dapat dijadikan pilihan. Walaupun belum digunakan seluas TrueType Font namun kepopuleran penggunaan OpenType font ini diperkirakan akan semakin meningkat di masa mendatang.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Jenis huruf tipografi dalam desain, semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Atikel terkait:

0 comments:

Post a Comment