Tuesday 14 October 2014

Assalamu'alaikum wr.wb.
Dalam melakukan desain grafis, kita perlu memilih huruf yang akan digunakan dalam mendesain. Di bawah ini saya share tentang pemilihan huruf dalam mendesain.

A. Kejelasan bentuk huruf (legibility) adalah tingkat kemudahan mata mengenali suatu karakter / rupa huruf / tulisan tanpa harus bersusah payah. 
Hal ini bisa ditentukan oleh: 
1. Kerumitan desain huruf, seperti penggunaan siripan, kontras goresan, dan sebagainya.
2. Penggunaan warna
3. Frekuensi pengamat menemui huruf tersebut dalam kehidupan sehari-hari
B. Keterbacaan (readability) adalah tingkat kenyamanan / kemudahan suatu susunan huruf saat dibaca, yang dipengaruhi oleh: 
1. Jenis huruf 
2. Ukuran 
3. Pengaturan, termasuk di dalamnya alur, spasi, kerning, perataan, dan sebagainya
4. Kontras warna terhadap latar belakang

Dalam pemilihan jenis huruf, yang senantiasa harus diperhatikan adalah kepantasannya huruf itu di tulis, salah satu contoh apabila ingin menulis hasil karya ilmiah ataupun skripsi kebanyakan orang menggunakan huruf atau font arial ataupun times new roman karena itu merupakan ketentuan yang telah di gunakan. Ada lagi contoh apabila ingin menulis ataupun memposting hasil karya di blog ataupun di website kebanyakan orang menggunakan huruf atau font yang agak rapi seperti Calibri ataupun cambria. Dan contoh terakhir apabila ingin menulis suatu hasil undangan pernikahan banyak menggunakan huruf atau font memiliki karakteristik yang unik dan yang dapat dilihat oleh mata menarik, contohnya adalah font Algerian, Franklin Gothic, Lucida, dan lain-lain.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang pemilihan huruf dalam desain grafis, semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Jenis - jenis huruf pada tipografi 

0 comments:

Post a Comment